RANGKUMAN SISTEM EKSRESI Pada(Ikan dan Belalang) dan penjelasan adalah materi yang akan kita bahas kali ini, adapun disini kita akan menjelaskan tentang sistem ekskresi pada ikan laut dan tawar dan belalang.
semoga membantu

Sistem Ekskresi pada Hewan

Sistem eksresi pada hewan ikan dan serangga. hewan manapun mampu melakukan ekskresi. namun kali ini kita akan mempelajaran sistem eksresi pada ikan dan serangga:
RANGKUMAN SISTEM EKSRESI Pada Ikan air laut, ikan air tawar dan serangga, belalang

Sistem ekskresi pada ikan

sistem ekskresi pada ikan, ikan menggunakan ginjal sebagai alat ekskresinya. Ikan mempunyai ginjal, dan bentuk ginjal ikan memanjang dan berwarna merah.
Ikan menjaga tekanan osmotiknya dan mencegah oengambilan garam yang terlalu banyak melalui proses difusi. Selain itu, sebagian besar zat buangan nitrogen keluar dari tubuh ikan melalui proses difusi dan keluar dari insangnya.
saluran ekskresi ada yang berupa kloaka atau saluran urogenital.
  • Pada ikan air tawar

Sistem ekskresi pada ikan air tawar, penggunaan energi dapat mengembalikan air kedalam lingkungan.
Hal ini dilakukan guna menghindari pencernaan dalam tubuh ikan. Mereka mencegah kehilangan garam dengan cara difusi dan air dengan cara osmosis.

  • Pada ikan air laut

Sistem ekskresi ikan air laut, ikan menghadapi lingkungan yang berbeda dengan ika air tawar, yaitu lingkungan dengan kadar garam yang begitu tinggu.
Ikan laut harus menjaga agar tidak terus-menerus kehilangan cairan tubuh.
Ikan hiu mengadakan toleransi terhadap tingkatan urea yang tinggi dalam peredaran darahnya, kurang lebih 2.5%. Pada ikan laut lain, untuk menggantikan kehilangan air dengan cara meminum air laut dan menghilangkan garamnya untuk dikembalikan kedalam air laut dengan transpor aktif melalui insangnya.

 Sistem Ekskresi pada Serangga (belalang)

Sistem ekskresi pada serangga / belalang.
pada serangga terdapat alat ekskresi khusus, yaitu alat ekskresi pada serangga berupa pembuluh malpighi, yang menempel pada ujung akhir usus.
Pembuluh malpighi berupa serabut halus dan berjumlah banyak. Pembuluh ini berwarna putih kekuningan, misalnya terdapat pada belalang atau kecoa.
Agar lebih jelas tentang sistem ekskresi pada serangga coba perhatikan gambar dibawah ini
RANGKUMAN SISTEM EKSRESI Pada Ikan air laut, ikan air tawar dan serangga, belalang

Proses ekskresi serangga berlangsung pada pembuluh malpighi.
Urea dan garam dialirkan ke usus. Bahan-bahan yang dapat diserap kembali yaitu berupa air dan zat-zat lain yang masih berguna dikembalikan lagi dengan cara osmosis dan transport aktif.
Bahan buangan nitrogen dikeluarkan melewati anus kemudian keluar bersama feses melalui anus.

3 thoughts on “RANGKUMAN SISTEM EKSRESI Pada(Ikan dan Belalang) dan penjelasan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *