Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran manajemen / management tingkat SMK maupun Perkulahan mengenai audit internal, disini kita akan merangkum materi tersebut yaitu tentang pengertian audit internal secara umum dan menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup audit internal. Semoga dapat membantu

Audit Internal

Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran manajemen / management tingkat SMK maupun Perkulahan mengenai audit internal, disini kita akan merangkum materi tersebut yaitu tentang pengertian audit internal secara umum dan menurut para ahli, tujuan, fungsi dan ruang lingkup audit internal.

Pengertian Audit Internal

Berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian audit internal menurut para ahli :
  • Sukrisno
    Menurut sukrisno, pengertian audit internal adalah pemeriksanaan yang dijalankan oleh unit audit internal yang dimiliki perusahaan terhadap finansial report dan laporan akuntansi perusahaan serta meninjau kepatuhan akan kebijakan yang ditentukan pimpinan puncak, peraturan pemerintan, dan ketentuan dari perserikatan profesi.
  • Mulyadi
    Menurut muladi, Internal Audit adalah pelaksana audit/auditor yang menjalankan tugas di dalam perusahaan untuk mengetahui sejauh mana prosedur dan kebijakan yang telah dibentuk sebelumnya dipatuhi, menetapkan apakah pengelolaan akan aset organisasi/perusahaan sudah dilaksanakan dengan baik, menetapkan seberapa efektif dan efisien dari prosedur kegiatan organisasi/perusahaan, serta menilai keefektivitasan informasi yang diproduksi oleh tiap unit di dalam organisasi/perusahaan.
  • Dan Guy
    Menurut Dan Guy
    , ia mendeskripsikan audit sebagai proses untuk mengidentifikasi data dan mengevaluasi bukti dengan sistem yang obyektif dalam rangka memberi penilaian kesesuaian diantara pernyataan dan kriteria yang ditentukan yang kemudian hasi tersebut disampaikan kepada pihak yang memiliki kepentingan.
  • Hiro Tugiman
    Menurut Hiro
    , Audit internal adalah fungsi penilaian secara independen di dalam organisasi untuk mengetes dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan/program yang dijalankan.
  • Lawrence B. Sawyer
    Menurut lawrence,
    internal audit adalah proses penilaian yang dilaksanakan secara berurutan dan bersifat obyektif yang dilaksanakan oleh auditor internal kepada aktivitas operasional dan kontrol yang berbeda di dalam organisasi.

Tujuan Audit Internal

Menurut Hiro Tugiman (2006) tujuan audit internal adalah untuk membantu anggota organisasi agar dapat menjalankan tugas dengan efektif. Dalam aktivitas internal audit berusaha melakukan analisis dan memberikan berbagai saran dan penilaian. Proses pemeriksaan audit meliputi pengawasan yang efektif dengan cost yang normal.

Fungsi Audit Internal

Berikut dibawah ini adalah fungsi fungsi audit internal menurut sawyer (2005):
  1. Pengidentifikasian dan minimalisasi resiko.
  2. Report Validation kepada manajer.
  3. Mendukung dan membantu manajemen pada bidang-bidang teknis.
  4. Membanti proses decision making.
  5. Menganalisis masa mendatang.
  6. Pengawasan pada seluruh aktivitas yang sulit ditangani oleh pimpinan puncak.
  7. Membantu manajer dalam mengelola perusahaan.

Ruang Lingkup Audit Internal

Adapun ruang lingkup audit internal yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut :
  • Menganalisis keefektifan (Reliabilitas & Integrasi) informasi finansial dan operasional serta alat yang dipakai untuk mengidentifikasi, mengukur, mengelompokan, dan melaporkan informasi tersebut.
  • Melakukan pengamatan terhadap sistem yang ada dalam rangka memastikan adanya kesesuaian antara kegiatan/aktivitas/program yang dijalankan organisasi dengan kebijakan, peraturan, prosedur, hukum, rencana yang berdampak signifikan pada kegiatan organisasi.
  • Mengamati berbagai metode yang dipakai dalam menjaga aset/harta perusahaan. Apabila dibutuhkan maka akan melakukan verifikasi terhadap harta-harta tersebut.
  • Memberi penilaian terhadap efektifitas dan keekonomisan dalam pemakaian sumber daya.
  • Melakukan pengamatan terhadap kegiatan operasional atau program organisasi/perusahaan apakah hasil yang diperoleh konsisten dan sesuai dengan tujuan dan perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *