Iman Kepada Malaikat adalah materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang akan kita bahas, adapun disini kita akan membahas mengenai Pengertian iman kepada malaikat, Nama nama malaikat dan tugasnya, Sifat sifat malaikat dan Fungsi Iman kepada Malaikat serta Perbedaan Malaikat dengan Makhluk Gaib lainnya.

Iman Kepada Malaikat

Allah swt. adalah  tuhan alam semesta. Dia telah menciptakan seluruh alam ini beserta kelengkapannya. Faktanya yaitu kita bisa melihat sistem yang ada di alam ini sungguh menakjubkan dan sangat teratur.
Salah satu kelengkapan yang yang Allah ciptakan yaitu Malaikat.
 Pengertian iman kepada malaikat, Nama nama malaikat dan tugasnya, Sifat sifat malaikat dan Fungsi Iman kepada Malaikat serta Perbedaan Malaikat dengan Makhluk Gaib lainnya.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah yang di ciptakan dari cahaya. Dia bersifat gaib dan tidak bisa dilihat oleh mata, meski malaikat tidak terlihat oleh mata, yakinlah bahwa mereka ada, Allah swt dalam Al-qur’an sering menyebut-nyebut nama malaikat termasuk menyebut nyebut namanya.

Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Malaikat bukanlah laki laki dan juga perempuan, malaikat adalah makhluk suci yang tidak memiliki nafsu layaknya manusia, berikut Nama nama malaikat dan tugasnya antara lain :

A. Malaikat Jibril atau Rubul Amin

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan (membawa) wahyu Allah kepada para nabi dan rasul-Nya. Malaikat ini diberi gelar rubul amin karena dia menyampaikan wahyu Allah dengan sebenar-benarnya.

B. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah salah satu pembantu Allah yang bertugas membagikan rezeki kepada setiap makhluk-Nya. Dia membagikan rezeki kepada setiap makhluk Allah melalui hujan yang yang diturunkan sesuai kehendak Allah.

C. Malaikat Israfil dan Izrail

Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala sesuai perintah Allah.
Malaikat izrail bertugas mencabut ruh setiap makhluk hidup.

D. Malaikat Rakib dan Atid

Malaikat Rakib dan Atid adalah malaikat yang mempunyai tugas untuk mengawasi dan mencatat setiap amal manusia (amal baik dan amal buruk). Nama lain dari malaikat pencatat amal baik ini adalah kiramun katibun (para pencatat yang mulia). Malaikat raqib mencatat sikap amal baik manusia: sedangkan Atid mencatat setiap amal buruk yang dilakukan manusia.

E. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaika Munkar dan Nakir adalah malaikat yang bertugas untuk memeriksa dan menanyai manusia di alam kubur. Begitu seseorang dikuburkan dan semua pengantarnya sudah kembali pulang, kedua malaikat ini datang mendekatinya dan perlakuan kedua malaikat ini kepada seseorang adalah tergantung kepada kehidupannya saat di dunia.

F. Malaikat Ridwan dan Malik

Malaikat Ridwan bertugas untuk menjaga surga. Sedangkan Malaikat Malik bertugas menjaga neraka. Malaikat Ridwan bersikap menyenangkan dan berbudi lembut, sebaliknya malaikat Malik bersikap kasar dan bengis.

Sifat Sifat Malaikat

Allah swt. menciptakan malaikat khusus untuk melaksanakan perintah-Nya. untuk itu Allah menjadikan sifat sifat yang khusus pula bagi mereka. sifat sifat malaikat antara lain sebagai berikut:
  • Malaikat selalu taat dan patuh kepada Allah swt. dan tidak pernah menentang perintah-Nya.
  • Malaikat dapat menjelma dan berubah bentuk seperti apa saja yang ia kehendaki.
  • Malaikat mempunyai sayap.
  • Malaikat tidak bernafsu, akan tetapi ia berakal, oleh karena itu malaikat senantiasa taat dan tunduk kepada perintah Allah.

Fungsi Iman Kepada Malaikat

Fungsi iman kepada malaikat, iman kepada malaikat merupakan kewajiban bagi setiap mukmin. Dengan beriman kepadanya, akan memunculkan hal-hal sebagai berikut:

  • Dapat menumbuhkan kesadaran agar selalu meningkatkan kualitas amal saleh dan menghindari perbuatan yang tidak diridai Allah.
  • Dapat memotivasi manusia untuk selalu berbuat dan berperilaku dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai wujud ketaatan dan ketundukan serta upaya menggantungkan diri kepada Allah swt.
  • Memunculkan sifat Khauf (rasa takut).

Perbedaan Malaikat dengan Makhluk gaib lainnya

Perbedaan Malaikat dengan makhluk gaib lainnya, Malaikat adalah salah satu dari makhluk gaib yang diciptakan dari nur atau cahaya. Makhluk gaib lainnya adalah jin dan iblis. Jin dan iblis sama sama diciptakan dari api. Selain perbedaan dalam asal kejadiannya, masing-masing makhluk gaib ini mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Malaikat adalah makhluk yang selalu taat dan patuh terhadap segala perintah Allah. Mereka tidak pernah durhaka, tidak mempunyai nafsu, tidak berkeluarga, tidak berketurunan, tidak makan dan minum. Mereka bukan pula laki laki dan perempuan. Malaikat adalah makhluk yang tidak pernah sombong serta selalu bertasbih untuk memuji kebesaran Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *