Kata Ganti/Promina ;Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Kalimat Kata Ganti Promina adalah materi pembelajaran bahasa indonesia yang akan kita bahas secara lengkap mengenai pengertian kalimat kata ganti atau promina, ciri ciri kata ganti, jenis jenis atau macam macam kata ganti beserta contoh kalimat kata ganti promina. Semoga dapat membantu.

Kata Ganti (Promina)

Kata Ganti/Promina ;Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Kalimat Kata Ganti Promina adalah materi pembelajaran bahasa indonesia yang akan kita bahas secara lengkap mengenai pengertian kalimat kata ganti atau promina, ciri ciri kata ganti, jenis jenis atau macam macam kata ganti beserta contoh kalimat kata ganti promina.

Pengertian Kata Ganti

Pengertian kata ganti atau pronomina adalah suatu jenis kata pengganti yang merujuk atau mengacu pada nomina lain (kata benda lain). atau bisa juga di definisikan sebagai kata pengganti yang merujuk ke nomina lainnya yang digunakan untuk menggantikan suatu benda atau sesuatu yang di bendakan.

Ciri Ciri Kata Ganti

Berikut ini adalah empat ciri ciri dari kata ganti / promina antara lain sebagai berikut:
1. Biasanya kata ganti (pronomina) berada pada posisi fungsi dari subjek (S) dan Objek (O) pada suatu kalimat, tetapi sering juga pada kalimat tertentu berada di posisi predikat (P) didalam suatu kalimat.
2. Kata ganti atau pronomina letaknya bisa berubah-ubah, dengan kata lain tidak tetap.
3. Kata ganti / pronomina tidak mengacu hanya satu konteks, melainkan menyesuaikan konteks kalimat. Karena acuannya bisa berubah-ubah serta berpindah-pindah dengan menyesuaikan konteks dari suatu kalimat.
4. Kata ganti atau pronomina biasanya mengikuti siapa yang menjadi pembicara dan siapa yang menjadi pembaca maupun siapa yang di bicarakan.

Jenis Jenis Beserta Contoh Kata Ganti

Promina atau kata ganti terbagi menjadi 6 jenis / macam, yaitu kata ganti orang (persona), kata ganti kepemilikan, kata ganti penunjuk, kata ganti penghubung, tanya, dan kata ganti tak tentu :

Kata Ganti Orang (Persona)

Kata ganti orang atau persona adalah suatu jenis kata ganti yang berfungsi menggantikan nomina. Atau kata ganti orang (persona) adalah kata ganti yg digunakan dan berfungsi untuk menggantikan posisi nomina.
Secara umum, kata ganti orang terbagi lagi menjadi beberapa macam bagian yaitu :
1. Kata ganti orang pertama tunggal
Contohnya: saya dan aku
2. Kata ganti orang pertama jamak
Contohnya: kita dan kami.
3. Kata ganti orang kedua tunggal
Contohnya: anda dan kamu.
4. Kata ganti orang kedua jamak
Contoh: kalian.
5. Kata ganti orang ketiga tunggal
Contoh: ia, dia dan beliau.
6. Kata ganti orang ketiga jamak
Contoh: mereka.

Kata Ganti Kepemilikan

Pengertian kata ganti kepemilikan / kata ganti milik adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi untuk menyatakan kepunyaan (kepemilikan). Atau Kata ganti kepemilikan adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan milik, kepemilikan dan kepunyaan.
Contoh Kata Ganti kepemilikan atau kata ganti milik yaitu :
Buku aku menjadi bukuku.
Buku kamu menjadi bukumu.
Buku dia menjadi bukunya.
Buku aku menjadi bukuku.

Kata Ganti Penunjuk

Pengertian kata ganti penunjuk adalah suatu jenis kata ganti yang digunakan dan berfungsi sebagai penunjuk suatu lokasi, benda ataupun tempat yang letaknya jauh maupun dekat.
Contoh Kata Ganti Penunjuk :
1. Ini
2. Itu
3. Disini
4. Disitu
5. Disana dan lain lain.

Kata Penghubung

Pengertian kata ganti penghubung adalah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan antara induk kalimat dengan anak kalimat.

Contoh kata ganti penghubung yaitu : Waktu, tempat, lokasi, Yang, dll.

Kata ganti Tanya

Pengertian kata ganti tanya adalah kata ganti yang digunakan untuk menanyakan dan meminta informasi suatu hal.
Contoh Kata Ganti tanya : Apa, Mana, Kapan, Dimana, Siapa, Dll.

Kata Ganti Tak Tentu

Pengertian Kata Ganti Tak tentu adalah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan dan menunjukkan orang maupun suatu barang/benda yang jumlahnya banyak dan tidak menentu.
Contoh kata ganti tak tentu yaitu Para, Sesuatu, Masing masing, Semua, Dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *